Full article

Tips Membuat Rencana Waris

JAKARTA, SuaraProperti.Com - Rencana waris tidak boleh sembarang dibuat karena hal tersebut akan berhubungan dengan masa depan keluarga serta aset yang Anda tinggalkan.

Untuk membuat rencana waris yang baik, harus memperhatikan beberapa faktor, seperti di bawah ini.

Objek Waris
Objek waris, seperti produk investasi, rumah, tanah, bisnis dan lainnya, harus memiliki sertifikasi dan kepemilikan yang jelas. Sebagai contohnya, tanah tidak dalam kondisi sengketa, bisnis tidak dalam urusan pailit pengadilan serta perusahaan memiliki bisnis yang legal.

Surat Waris
Surat waris sebaiknya dibuat dalam keadaan yang sehat dan tanpa tekanan. Untuk membuat sebuah surat waris sebaiknya Anda berdiskusi dengan notaris atau perencana keuangan independen atau profesional di bidangnya.

Dengan diskusi ini, Anda dapat mengoptimalkan biaya yang terdapat pada sebuah warisan. Pengoptimalan biaya pada warisan bukan berarti tidak membayar pajak tetapi, membayar pajak dengan jumlah yang tepat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Ahli Waris
Ahli waris yang dipilih sebaiknya sudah cakap secara hukum untuk menerima warisan. Jika ahli waris yang Anda inginkan belum cakap secara hukum maka sebaiknya Anda mencantumkan wali untuk ahli waris tersebut. Pemilihan wali juga sebaiknya orang lain yang bukan pasangan Anda.

PENULIS

Comments