Full article

Sosok Ciputra di Mata Tokoh Properti

JAKARTA, SuaraProperti.Com - Masih meninggalkan duka yang mendalam, terkait wafatnya Ciputra, tapi kiprah dan namanya tetap dikenang, khususnya oleh mereka yang bergelut di bidang properti.

Mantan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Real Estat Indonesia (REI) periode 2013-2016, Eddy Hussy mengatakan, Ciputra memegang peranan penting di organisasi yang pernah ia pimpin.

Seperti diketahui, Ciputra juga merupakan salah satu pendiri organisasi yang menaungi para pengusaha real estat tersebut.

"Beliau memberikan banyak pengalaman maupun kenang-kenangan buat REI buat pengembang dan tidak hanya di Jabodetabek, tapi di seluruh Indonesia," kata  Eddy, Rabu (27/11/).

Di organisasi ini, sosok Ciputra merupakan salah satu senior yang berpengaruh dan dihormati.

Eddy bercerita, bagi mereka yang ingin mengajukan diri sebagai ketua umum dalam kepengurusan REI biasanya akan datang menemui Ciputra.

"Setiap orang yang mau maju ketua umum, kami datang ke senior atau pendahulu kami, termasuk Pak Ciputra. Itu yang utama, (Ciputra) selalu didatangi oleh semua yang mau menjadi ketua umum," ujarnya.

Sementara di bidang pembangunan kawasan, Ciputra dikenal sebagai pribadi yang bertanggung jawab. Ia mencontohkan, bagi para pengembang khususnya dalam menjaga hubungan baik dengan konsumen.

Hal lain yang ia kenang dari sosok yang berpulang di usia 88 tahun tersebut adalah perhatiannya terhadap lingkungan hingga fasilitas yang diberikan kepada konsumen.
Salah satu yang ia ingat adalah bagaimana Ciputra selalu memerhatikan lingkungan hingga fasilitas yang diberikan kepada konsumen.

Eddy menambahkan, Ciputra juga selalu menekankan agar pengembang bertanggung jawab dengan apa yang mereka bangun.

Dengan cara ini, pengembang bisa mendapatkan kepercayaan sekaligus hubungan baik yang panjang dengan para konsumen.

Selain Eddy, Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Junaidi Abdillah juga mengungkapkan hal serupa.

Bahkan Junaidi berharap, ke depannya akan muncul sosok Ciputra baru yang mebawa perubahan di sektor properti.

Menurutnya, nama besar Ciputra tak bisa dilepaskan dari kejeliannya dalam menciptakan hunian dan kota baru. "Sepatutnya beliau bisa dikatakan sebagai pendobrak ekonomi di sektor properti," ucap Junaidi.

PENULIS

Comments