Full article

Rumah Tumbuh 3 Kompartemen untuk Tinggal

JAKARTA, SP - Rumah gerbong adalah salah satu contoh sebuah rumah tumbuh yang terekam dengan baik dalam perkembangan masyarakat urban, baik status sosial, lingkungan, dan ekonomi.

Istilah rumah gerbong (gerbong = railway coach) diambil dari tipologi akhir bangunan yang memanjang.

Rumah Gerbong telah mengalami berbagai evolusi dari tahun 2013. Akhir tahun 2017 adalah puncak klimaks dalam pembangunan Rumah Gerbong, dengan beberapa fungsi tambahan di ruang kompartemen. Pada akhir perkembangannya, rumah itu memiliki 3 kompartemen untuk tempat tinggal, bekerja, dan berinteraksi.

Seperti fungsi hidup dan kerja kompartemen yang dihadapi langsung ke jalan dan memiliki fasad yang berlawanan, sementara di tengah, kontak antara fungsi yang berlawanan diredam oleh fungsi kompartemen sosial / interaksi.

Strategi dari memecah kepadatan dan kontras fungsi (hidup dan bekerja) dengan menambahkan fungsi baru di ruang kosong dan ruang interaksi menghasilkan tipologi baru yang khas dengan kuat sinergisme fungsional, bahwa sang arsitek menamai strategi ini sebagai krowakisme (krowak = berlubang, sebagian berongga).

Kompartemen hidup berisi 1 kamar tidur utama, 1 kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, ruang baca, ruang ibadah, dan ruang servis. Kompartemen kerja berisi ruang kerja dan perpustakaan rumah mini.

Di antara kompartemen yang hidup dan bekerja ada kompartemen sosial / interaksi, dengan komposisi mini ampiteater, dapur umum, ruang tamu, dan atap hijau.

PENULIS

Comments