Full article

Kontroversi, Menteri ATR Hilangkan Izin Mendirikan Bangunan

JAKARTA, SuaraProperti.com - Terkait rencana Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala BPN Sofyan A.Djalil menghapus aturan izin mendirikan bangunan (IMB) ternyata terus menuai banyak kontroversi.

Menurutnya pemerintah menghilangkan konsep izin yang selama ini karena dinilai lebih banyak pelanggarannya.

Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa pihaknya sedang memikirkan regulasinya. Pasalnya, saat ini pemerintah mementingkan pengawasan di lapangan.

“Tapi akan keluar nanti apa namanya, sedang dikerjakan bukan hanya IMB tapi yang lain-lain juga. Nah itu yang sedang disiapkan sekarang," ujar dia di Gedung Kemenko Perekonomian Jakarta, belum lama ini.

Menurut dia, dengan dihilangkannya IMB ini bukan berarti tak ada izin. Tapi yang paling penting adalah pengawasan. Kalau di luar negeri orang mulai bangun standarnya sudah ada.

"Nanti kalau ada yang melanggar ya dibongkar. Itu intinya," ujarnya.

Dia menambahkan, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pengawasan izin tersebut.

"Supaya nanti, misal tata ruang belum jelas sekali ya terutama RDTR nya belum ada nanti orang bangun sesukanya. Yang satu ke timur satu ke barat, itu nggak boleh. Harus ada standar yang mereka penuhi. Tapi kemudian, enforcement yang paling penting. Jadi akan banyak nanti inspektur pembangunan gitu," pungkasnya.

PENULIS

Comments