Kementerian Perumahan Diminta Fokus Benahi Masalah

0 comments

Full article

JAKARTA, SuaraProperti.Com - Kementerian Perumahan diminta fokus benahi masalah lebih serius dan tepat sasaran. Permintaan tersebut disampaikan asosiasi developer yang tergabung dalam Aliansi Pengembang Perumahan Nasional (Appernas) Jaya.

Oleh sebab itu, Appernas Jaya mengusulkan agar Kementerian Perumahan Rakyat dikembalikan menjadi kementerian tersendiri tak seperti sekarang menyatu dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Permasalahan terkait perumahan rakyat sangat kompleks dibutuhkan kebijakan dan regulasi khusus, agar permasalahan perumahan ada solusi serius dan terfokus pada perumahan yang tepat sasaran," kata Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) Appernas Jaya, Risma Gandhi, di Depok, Sabtu (12/10).

Ia menambahkan, pihaknya mendukung penciptaan dan pengembangan usaha, khususnya terkait tenaga kerja, investasi, dan perdagangan, seperti Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) Online Single Submission yang dinilai mempermudah layanan dalam proses pengurusan izin.

Namun, Risma menilai, bahwa persyaratan administrasi dan teknis yang diminta kerap berbeda-beda di sejumlah kota dengan persyaratan administrasi serta teknis di dalam SIMBG.

Untuk itu, ujar dia, pihaknya telah mengirimkan surat ke Kementerian Sekretaris Negara terkait persoalan yang menghambat di berbagai daerah dan menawarkan solusi.

PENULIS

Comments