Full article

Investasi Domestik Digenjot, Regulasi Harus Dipermudah

JAKARTA, SuaraProperti.Com - Pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi, diantaranya melalui investasi domestik yang terus digenjot melalui kemudahan regulasi.

Kendati demikian, Ahmad Erani Yustika, selaku Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi mengakui, rendahnya pertumbuhan investasi Tanah Air disebabkan masih adanya permasalahan yang memberatkan para pelaku usaha.

Dalam pemaparannya, permasalahan itu kendala pada kebijakan atau regulasi serta insentif, menjadi dua hal yang paling banyak dikeluhkan oleh para pelaku usaha, baik di pusat maupun daerah.

"Dari audiensi dengan para pengusaha, banyak sekali masalah yang terkait dengan kebijakan teknis antarkementerian yang masih tumpang tindih insentif bagi pengembangan sektor industri (daerah)," imbuhnya, di Solo, belum lama ini.

Menurutnya, rumitnya regulasi perizinan yang dibuat oleh regulator bahkan membuat investor 'pingsan' di tengah jalan sehingga akhirnya menurunkan minat untuk berinvestasi.

"Misalnya, di sektor gas masih ada sekitar 350-an prosedur yang harus dilewati sehingga setiap investor pingsan di tengah jalan hanya untuk mendapatkan izin investasi," ujarnya.

PENULIS

Comments