Full article

Antisipasi Keamanan Gedung, BEA Gelar Seminar HSE For Building

JAKARTA, SuaraProperti.Com - Sebagai upaya untuk antisipasi keamanan gedung, Building Engineers Association (BEA) menggelar seminar dan exhibition yang bertajuk 'HSE For Building'.

"Tema ini dipilih dengan tujuan memberikan pemahaman kepada pengelola bangunan di Jakarta agar mampu mengukur potensi bahaya akan adanya kebakaran gedung yang mereka kelola," jelas Ketua Umum BEA Mardi Utomo saat dihubungi SuaraProperti.Com, Jum'at (19/7/2019).

Seminar tersebut diharapkan bisa meminimalisir maraknya angka kebakaran gedung.
"Seperti diketahui hampir setiap selalu kita lihat adanya kebakaran gedung di Indonesia. Pengelola bangunan gedung saat ini belum ada yang berani mengatakan bahwa bangunan yang mereka kelola aman dari potensi bahaya kebakaran," tambah Mardi.

Diharapkan, adanya seminar tersebut para peserta mampu melakukan internal asesment terkait resiko kebakaran terhadap gedung.

"Semua peserta  diharapkan dapat mengukur  atau melakukan penilaian mandiri dengan hasil keluaran scoring tingkat resiko bahaya kebakaran dimasing-masing gedung apakah level bahayanya rendah, tinggi, atau sedang," jelasnya.

Menurut Mardi, kontraktor pada umumnya membangun gedung hanya berdasarkan desain konsultan dengan standar yang berlaku seperti NFPA maupun SNI.

"Tapi bagaimana cara menilai dan mamastikan bahwa gedung itu aman setelah dihuni, umumnya mereka belum mampu menjawab secara pasti karena mereka tidak mengeluarkan scoring penilaiannya," katanya.

Mardi menjelaskan, alasan seminar 'HSE For Building' digelar secara rutin karena masih banyak tantangan bagi pelaku pembangunan untuk menyatukan persepsi terkait keamanan gedung.

"Masih cukup menantang kedepan karena saat ini antara pengembang, pengelola serta kontraktor dan konsultan cara pandangnya masih berbeda beda,"pungkasnya.

Bagi Anda yang ingin ikut sebagai peserta seminar tersebut bisa berkunjung besok Sabtu 20 Juli 2019 dan mendaftarkan diri di Holiday Inn & Suites Jl. Gajah Mada No.211, Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat atau hubungi: 0817 4822 061.

PENULIS

Comments